Sunday, February 14, 2016

Tips Menghindari Kerusakan Mata Karna Layar Monitor

Sudah tidak di pungkiri perkembangan jaman sudah berkembang pesat, sudah terbukti ada banyak teknologi seperti Gedget, Komputer/Laptop dll. Tetapi bayak orang lupa dengan waktu yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer karna urusan pekerjaan atau pun cuman menonton/game. Jika kebiasaan ini sering dilakukan pasti akan mengakibatkan pada kerusakan mata, pikiran dan juga kesehatan.
Kebayakan orang sudah memakai kacamata itu juga sudah menjadi bukti nyata.
Dulu saya bermain komputer karna keperluan editing, sampai meluangkan waktu hingga lebih dari 13 jam  dalam sehari selama 3 Bulan terakhin ini. Kebiasaan ini mengakibatkan saya memakai kacamata.


Jadi untuk menghindari kerusakan mata silahkan simak Tips-tips di bawah sini !

1. Jarak Mata Dengan Layar Monitor
Supaya tampak jelas dan paham dengan aktifitas didepan deskop kebayakan pengguna PC atau komputer melihat dengan sangat dekat.  Untuk menghindari kerusakan mata dianjurkan melihat dengan jarak 30-70 cm dari layar monitor. dan hindari memberi kontras atau kecerahan pada layar

2. Kurangi KecerahanKebiasaan menggunakan kecerahan maxsimal merupakan faktor utama penyebab sakitnya mata. Jika dilakukan terus menerus akan meyebabkan rusaknya mata. Untuk setingan kecerahan layer monitor deskop saya seting 40% hingga 70%. Dan untuk laptop, saya seting minimal atau Tekan tombol fn + f5

3. Hindari Penggunaan Pada Tempat yang Gelap / Remang-remangUntuk menghindari kerusakan mata anda harus menghindari dari tempat yang gelap/ kurang cahaya.
jika dilanggar hai ini akan malah memperparah dan mengancam kesehatan mata. Karna dalam keadaan pencahayaan yang minim ataupun gelap membuat mata anda menyarap semua cahaya yang keluar dari monitor. Jika buka laptop/PC pada malam hari carilah tempat yang cukup terang untuk bermain komputer.

4. Biarkan Mata Istirahat sejenakUntuk penggunaan laptop atau pc dalam waktu yang sangat lama akan membuat mata cepat rusak. Untuk menghindari ini anda harus mengistirahatkan mata selama 1jam setelah melihat monitor selama 3jam dan lihatlah alam sekitar. Fungsinya agar dapat meregangkan otot otot mata terus fokus, dan lihatlah benda / alam untuk menyegarkan mata setelah melihat monitor berjam jam.

5. Mengatur KenyamananCarilah posisi yang nyaman untuk beraktifitas di depan kompuer, hindari memandang Komputer pada posisi mirig, hindari posisi Mengguling ataupun tiduran. Duduklah senyaman mungkin dengan posisi  90 derajat.


Semoga Artikel kali ini dapat menjadi referensi bagi anda yang setiap hari melakukan aktifitas di depan komputer 


EmoticonEmoticon