Thursday, February 25, 2016

Makna Dalam Fotografi Hijau

Warna hijau berarti warna kehidupan, alam, energi, dan juga berhubungan dengan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan.
Sesuai dengan maknanya, ada beberapa tempat atau objek yang mungkin cocok untuk kontes bulan ini:
  1. Perkebunan dan Persawahan
    Area ini cocok untuk dijelajahi karena banyak terdapat pola-pola yang menarik. Perhatikan garis-garis yang terbentuk dan gunakan lensa lebar untuk memberikan kesan tiga dimensi yang dramatis. Memotret daun dan atau alam sebaiknya di momen yang tepat juga. 

    Cahaya matahari sore atau pagi biasanya lebih menarik dan dramatis daripada cahaya di sore hari. Posisi cahaya dari belakang subjek biasanya lebih menarik karena memisahkan antara subjek dengan lingkungannya.
  2. Pegunungan dan Air terjun
    Daerah pegunungan dan air terjun juga ideal untuk mendapatkan foto yang cocok untuk kontes kali ini. Tapi hati-hati karena masih musim penghujan sehinggad debit air pegunungan mungkin bisa sangat tinggi dan menyebabkan air bah. Tapi jika kondisi tepat, memotret air terjun yang dinamis dikelilingi oleh hijaunya tumbuhan disekelilingnya akan memberikan kesan segar dan sejuk.

    Saat ideal untuk memotret air terjun adalah saat matahari tertutup oleh awan sehingga cahayanya merata menyinari air terjun dan sekitarnya. 

    Selain itu, saya sering mengunakan filter CPL/circular polarizer supaya saturasi warna supaya warna hijau daun lebih pekat dan menghilangkan refleksi dari embun di daun yang mengurangi kontras. 

    Momen ideal untuk memotret air terjun adalah pagi hari saat cahaya matahari belum terlalu terang, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

  3. Still Life/Benda Mati
    Jika tidak sempat untuk hunting keluar, mungkin karena masih musim hujan atau jauh dari daerah perkebunan, Anda bisa coba foto objek berwarna hijau dan memiliki makna tertentu, tidak harus selalu daun, tapi bisa juga bunga, buah, hewan atau makanan. Dengan ide/konsep yang menarik, foto objek biasa yang kita temui sehari-hari bisa menjadi hal yang menarik juga.

Demikian tips-tips yang dapat saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk bulan Februari 2016 ini.


EmoticonEmoticon